Logo

Islamic Calendar Widgets by Alhabib

FORUM - Kompilasi Tanya Jawab

HUKUM MENGHADIRI UNDANGAN MAKAN MAKAN NON MUSLIM DAN HUKUM MAKANAN PERAYAAN NATAL

Rabu, 28 Maret 2012 , 08:51:07
Oleh : Ummu Adam

Pertanyaan :

1. Bagaimana sikap kita jika tetangga yg beragama Nasrani mengirimkan makanan disaat mrk melakukan acara2 keagamaan? Bagaimana hukumnya?

2. Ana diundang makan2 di rmh tetangga yg non muslim, ana bilang dlm rangka apa tapi temen ana yg non muslim bilang "pokoknya makan2 aja". Ana ragu , jadi ana tolak, apa ana salah ya ? جَزَاك اللهُ خَيْرًا

3. Ustadz ana mau tanya apa yg harus kita lakukan jika kita dikasih kue dalam rangka natal yg diberikan oleh orang nasrani? Yg memberikan bingkisan kue tsb adalah bos kita, bagaimana sikap kita terhadap yg memberikan bingkisan tsb.

Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz, Lc,MA :
(Disusun Di BBM Al Ilmu Oleh Ukhti Evanita)

Tidak mendatangi undangan makan2 dari non muslim tidak apa2 dan tidak berdosa, karena kewajiban menghadiri undangan adalah hak di antara sesama muslim, sbgmana dijelaskan oleh Nabi shallallahu alaihi wasallam.

HUKUM MAKANAN PERAYAAN NATAL

Kalo kue tsb secara zatnya adalah makanan yg halal maka boleh diterima dan dikonsumsi. Tapi jika secara zat adalah makanan haram atau tercampur dengan sesuatu yg haram menurut syariat islam, seperti mengandung minyak babi atau selainnya, maka tidak boleh dikonsumsi, baik bertepatan dengan hari raya Natal ataupun hari2 biasa.
Hal ini berdasarkan keumuman firman Allah ta'ala yang artinya:

"dan makanan ahli kitab itu halal bagi kalian dan makanan kalian juga halal bagi mereka." (QS. Al-Maidah: ayat 5).

Wallahu a'lam bish-showab.
____________________________
Sumber: BBG Majlis Hadits Akhwat