TANYA USTADZ

bulan Sya\\\'ban

Senin, 21 Mey 2012 , 22:36:22
Penanya : Ikhwan
Daerah Asal : tangerang selatan

‎​اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ , ana mau tanya apakah keutamaan bulan sya'ban dan apa itu nisfu sya'ban, karena ada ada orang yg sholat dan puasa diwaktu tersebut, tolong jelaskan dengan dalil dan mereka yg melakukan puasa dan sholat tersebut mengambil dalil yang mana. Jazakallah

Jawab :

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

Nishfu sya’ban adalah bahasa arab yang artinya pertengahan bulan Sya’ban.
Pernah ada seorang wanita yang bertanya kepada syaikh Ibnu Baz dan membawakan riwayat tentang keutamaan Sya’ban, dia berkata:
Apa pendapat anda mengenai seseorang yang berpuasa pada tanggal 15 Sya’ban dengan berpatokan pada (riwayat)ucapan Rasul shallallahu alaihi wa sallam: “sesungguhnya Allah ta’ala mengangkat amalan hamba selama setahun pada hari ini”
Beliau menjawab (terjemahnya):
Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, segala puji bagi Allah ta’ala, dan semoga shalawat dan salam selalu tercurah kepada Rasulullah, keluarga beliau, para sahabatnya dan pengikut beliau yang mengikuti petunjuknya. Amma ba’du:
Hadits yang disebutkan oleh penanya tadi tidaklah shahih. dan tidaklah disyariatkan untuk mengkhususkan pertengahan bulan Sya’ban dengan berpuasa atau amalan lainnya. Begitu pula malam nishfu sya’ban (tidak ada pengkhususan amalan tertentu). Hadits-hadits yang berkenaan dengan itu derajatnya antara lemah dan palsu (tidak shahih) http://www.binbaz.org.sa/mat/13753

Oleh : Redaksi Salam Dakwah
Sudah dibaca oleh 190 orang