Logo

Mobile APP:

Stay in touch with us:

Islamic Calendar Widgets by Alhabib

TANYA USTADZ

Banyak Video dan Ulasan Terkait Wudhu Mana Yang Bisa Diamalkan?

Senin, 30 September 2013 , 18:10:25
Penanya : Ikhwan

Follow:

assalamu'alaikum ustadz..

banyak video atau situs yg menyatakan tata cara berwudhu yg baik dan benar
mengikuti Rasulullah ... Menurut ustad berwudhu seperti Rasulullah itu yg bagai mana tad.. mohon pencerahan.. klo perlu tutorial video nya yg recommend.
terimakasih assalamu'alakum..

Jawab :


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Berikut ini salah satu tanya jawab dengan Komite Tetap RIset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi yang mengandung keterangan tata cara berwudhu:
Pertanyaan:
Apabila seseorang berwudhu dan lupa salah satu rukun wudhu, apakah harus dilakukan?

Mereka menjawab: Segala puji hanya bagi Allah ta'ala. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Rasul-Nya, keluarga dan para sahabatnya. Sesudah itu:
Disyari'atkan bagi yang berwudhu agar berwudhu dengan sempurna, berurutan dan tidak terputus seperti wudhu Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Diriwayatkan dari Humran maula (budak yang dimerdekakan) Ustman radhiyallahu anhu: Bahwasanya Ustman bin Affan radhiyallahu anhu meminta air wudhu. Lalu ia menyiram dua tangannya dari bejananya, membasuh keduanya tiga kali. Kemudian memasukkan tangan kanannya di air wudhu. Kemudian berkumur, memasukkan air ke hidung dan mengeluarkannya. Kemudian membasuh mukanya tiga kali, dua tangannya hingga siku tiga kali. Kemudian mengusap kepalanya. Kemudian membasuh kedua kakinya tiga kali. Kemudian ia berkata: 'Aku melihat Nabi shallallahu alaihi wa sallam berwudhu seperti wudhuku ini kemudian beliau shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (( مَنْ تَوَضَّأَ نَحْوَ وُضُوْئِي هذَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ لاَيُحَدِّثُ فِيْهِمَا نَفْسَهُ غَفَرَ اللهُ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِه 

"Barangsiapa yang berwudhu seperti wudhuku ini, kemudian shalat dua rekaat, tidak berbicara padanya kepada dirinya, niscaya Allah Y mengampuni dosanya yang terdahulu." HR Bukhari no.164 dan  Muslim no.226.

Maka barangsiapa yang meninggalkan salah satu rukun wudhu yang telah disebutkan seperti membasuh muka atau dua tangan niscaya batal wudhunya (tidak sah).
Wabillahittaufiq. Semoga shalawat dan salam selalu tercurah kepada nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah Untuk Riset Ilmu dan Fatwa

Ini adalah salah satu cara berwudhu yang benar. Kami tidak mengklaim bahwa cara wudhu yang menyelisihi wudhu ini pasti salah ( meski bentuk penyelisihannya kecil) atau pasti benar, mengingat dalil-dalil tentang wudhu bukan hanya satu. Terkait video berwudhu, di salamdakwah saat ini baru ada pembahasan cara wudhu dengan air yang terbatas, silahkan buka http://salamdakwah.com/videos-detail/wudhu-dengan-segayung-air.html

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

Oleh : Redaksi salamdakwah.com
Sudah dibaca oleh 574 orang

Sharing: